Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Mencari Mawar di Gurun Pasir Arab Saudi

Mencari Mawar di Gurun Pasir Arab Saudi

Hari Sabtu (12/2) pagi, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Arab Saudi (IATMI-KSA) menyelenggarakan acara family gathering pertama dengan mengadakan field trip untuk mencari sandrose di Dammam Industrial Area.

Pencarian sandrose kali ini dikoordinasi oleh Dominic Chiam dibantu tim IATMI lainnya, dengan memanfaatkan ilmu profesional geologis untuk dibagikan kepada para peserta field trip. Di antaranya dengan menjelaskan proses bagaimana terjadinya sebuah sandrose di dalam lapisan bebatuan yang dikenal sebagai Sabkha.

Kegiatan ini diikui oleh 83 peserta terdiri dari 43 dewasa dan 35 anak-anak. Untuk mencapai lokasi pencarian sandrose, peserta menggunakan berbagai jenis mobil seperti SUV dan sedan.

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Persiapan teknis dipersiapakan dengan matang, seperti convoy rule, prakiraan cuaca, rute perjalananan dengan meeting points (koordinat), traffic condition, perlengkapan penggalian serta expectation management seperti angin dan mobil jika terjebak di pasir.

Rombongan dibagi dalam 2 grup untuk memudahkan konvoi dengan mengutamakan keselamatan berkendaraan menuju lokasi. Semuanya diharuskan memiliki peralatan komunikasi dipandu road captain dan sweeper untuk menjaga keselamatan selama perjalanan.

Setelah tiba di lokasi, peserta mengeluarkan peralatan sekop, ember dan sarung tangan pelindung. Ditemukan banyak sandrose kecil di permukaan pasir. Namun tidak sedikit yang menggali lagi untuk mencari batuan yang lebih besar dengan model yang lebih cantik.

Anak-anak sangat antusias menggali untuk mendapatkan batu sandrose yang besar dan cantik, yang membuat kegiatan ini sangat berkesan selain menjadi sarana hiburan, juga menantang mengeksplorasi lokasi sandrose dan bermain pasir.

Acara dilanjutkan dengan makan siang sekaligus dialog bertukar informasi dan pengalaman, selain saling memperkenalkan diri mengingat beberapa keluarga yang baru pertama kali bertemu.

Sebelum meninggalkan lokasi, semua membereskan sampah, menimbun kembali lubang yang telah digali untuk mencegah kecelakaan jika ada unta berjalan di lokasi atau kendaraan yang melintas daerah tersebut.[]