Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Musim Ghubar di Arab Saudi: 5 Tips Lindungi Diri Dari Hujan Debu

Musim Ghubar di Arab Saudi: 5 Tips Lindungi Diri Dari Hujan Debu

Gelombang badai debu (ghubar) dan angin memicu butiran pasir kecil berterbangan yang biasanya menandakan pergantian musim dan fluktuasi atmosfer.

Kondisi ini biasa menyerang Arab Saudi dari waktu ke waktu, menyebabkan beberapa masalah kesehatan, terutama mereka yang yang berusia lanjut, selain mereka yang menderita penyakit pernapasan dan asma.

Partikel debu mengandung seperti serbuk sari dan mikroba yang mengiritasi sistem pernapasan yang menyebabkan rinitis alergi.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Oleh karena itu, perlu untuk mengikuti saran yang diberikan oleh dokter dan spesialis, untuk menghindari masalah debu demi keselamatan jiwa. Berikut tips melindungi diri dari ghubar:

1. Hindari Paparan Langsung Dengan Debu

Hindari bersinggungan langsung dengan debu, terutama bagi penderita penyakit dada dan pernapasan, atau asma. Perbanyak baik tinggal di dalam rumah ketika badai debu datang dan tidak keluar kecuali dalam keadaan sangat mendesak.

2. Gunakan Masker

Agar Anda tidak menghirup debu dalam jumlah besar saat berada di luar rumah atau di tempat kerja, Anda harus memakai masker atau menutupi hidung dengan kain kasa basah dan sering mengganti masker.

3. Tutup Saluran Angin Berhembus

Pastikan untuk menutup pintu dan jendela rumah dengan rapat dan menutup lubang yang mungkin membawa debu dari luar.

4. Bekerja Secara Bergantian

Beberapa orang mungkin harus bekerja di lapangan karena tuntutan pekerjaan. Maka disarankan untuk melakukan rotasi dengan rekan kerja lain, untuk mengurangi periode paparan gelombang debu, dengan tetap menggunakan masker dan menggantinya secara berkala.

Umrah Anti Mainstream
Promo

5. Perlambat Laju Kendaraan

Angin yang sarat debu dapat menghalangi pandangan pengendara, jadi kendarai mobil dengan hati-hati dan perlahan, beri jarak yang cukup antara Anda dan kendaraan lain, pastikan jendela tertutup rapat dan nyalakan sinyal peringatan kendaraan dan hidupakan AC ke level yang sesuai, jika diperlukan.

Selain kelima tips di atas, para dokter juga menyarankan perbanyak minum air putih dan membasuh muka atau berwudhu, untuk membersihkan partikel debu yang menempel di anggota badan.

Sumber: Sabq dengan penambahan seperlunya.