Umrah Ramadan oleh: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop
promo: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop

Cara Mencari Pekerjaan di Arab Saudi: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mencari Pekerjaan di Arab Saudi: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda mencari pekerjaan di Arab Saudi, berikut adalah daftar hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai mencari pekerjaan di negara tersebut.

Peluang kerja yang berkembang di Arab Saudi menawarkan beragam pekerjaan bergaji tinggi serta peluang untuk pindah ke Timur Tengah dan merasakan budaya dan gaya hidup negara yang berubah dengan cepat ini.

Berbagai macam lowongan pekerjaan tersedia, termasuk di sektor energi – yang membutuhkan spesialis ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika (STEM) – dan sektor kesehatan.

Haji Tanpa Antri
Promo

Lowongan kerja juga tersedia di sektor properti dan keuangan, menurut lowongan pekerjaan di situs rekrutmen populer seperti Bayt.com, Naukri.com dan GulfTalent.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memulai.

Buat Jaringan

Membangun jaringan yang kuat di Saudi sangatlah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan menghadiri acara profesional dan terhubung dengan rekan-rekan di industri melalui acara tatap muka atau melalui platform seperti LinkedIn. Bergabunglah dengan kelompok industri tertentu untuk terus mengikuti tren pekerjaan terkini di wilayah tersebut.

Jika Anda bekerja di perusahaan multinasional, Anda dapat memanfaatkan jaringan di perusahaan Anda saat ini dan meminta HR untuk memindahkan Anda ke kantor di Arab Saudi. Beberapa perusahaan internasional beroperasi di kawasan Teluk, sehingga meminta transfer mungkin bisa menjadi pilihan.

Memanfaatkan Agen Perekrutan dan Situs Pencarian Kerja

Pengusaha di Arab Saudi sering mengiklankan pekerjaan melalui agen perekrutan atau online untuk mencari kandidat yang memenuhi syarat. Teliti agensi terkemuka dan kirimkan resume Anda ke agensi yang berspesialisasi di bidang Anda.

Ada juga beberapa situs pencarian kerja di Arab Saudi yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan. Beberapa situs pekerjaan populer termasuk Bayt.com, Naukri.com dan GulfTalent bersama dengan LinkedIn.

Anda juga dapat mendaftar ke agen perekrutan yang beroperasi di Arab Saudi. Holden Knight dan Regent Personnel, misalnya, keduanya merekrut pekerjaan di bidang kesehatan di Timur Tengah. Anda dapat menemukan lebih banyak agen perekrutan di Saudian Yellow Pages.

Sebagian besar lamaran dapat diajukan melalui formulir lamaran atau CV, bersama dengan surat lamaran yang disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar.

Bersiaplah Untuk Wawancara

Meskipun wawancara sering kali dilakukan secara langsung, wawancara melalui video menjadi lebih umum dilakukan pascapandemi.

Promo

Setelah Anda menerima panggilan wawancara, pastikan Anda mempersiapkan diri; berpakaian profesional, teliti perusahaan dan peran potensial Anda, dan persiapkan jawaban yang bijaksana. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diminta menjalani tes atau pemeriksaan tergantung pada posisinya.

Mengamankan Visa

Kerangka kerja dan inisiatif Visi 2030 Arab Saudi seperti kawasan pengembangan bisnis NEOM telah mendorong banyak proyek baru di seluruh negeri, mempercepat tren yang meningkatkan kebutuhan akan penerbitan visa kerja yang cepat.

Di kesempatan awal, majikan Anda di Arab Saudi dapat mensponsori visa kerja sementara Anda. Ini bisa berupa entitas komersial yang terdaftar di Arab Saudi, pedagang tunggal, cabang perusahaan, atau perusahaan independen.

Pengajuan visa dapat dilakukan melalui platform elektronik. Visa ini berlaku selama satu tahun namun mengizinkan masuk ke Arab Saudi hingga 90 hari kapan saja selama periode satu tahun.

Persyaratan Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di Arab Saudi bersama dengan Inggris, Hindi, Persia, dan Urdu. Karena wilayah ini menerima peningkatan jumlah ekspatriat setiap tahunnya, bahasa Inggris digunakan secara luas oleh penduduk setempat dan juga digunakan dalam praktik bisnis.

Namun, pemahaman bahasa Arab akan sangat meningkatkan prospek pekerjaan Anda. (Diolah dari alarabiya)

Ikuti Podcast berikut ini untuk lebih banyak mengetahui peluang kerja di Arab Saudi: