Umrah Ramadan oleh: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop
promo: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop

GRATIS! Belajar Bahasa Arab di King Salman Global Academy for Arabic Language

GRATIS! Belajar Bahasa Arab di King Salman Global Academy for Arabic Language

Program Pembelajaran Bahasa Arab untuk Penutur Asing (برنامج تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها) adalah program yang disediakan King Salman Global Academy for Arabic Language (KSAA) di Riyadh Arab Saudi, bagi masyarakat umum dan Akademisi dari negara dengan penutur Non-Arab untuk mempelajari Bahasa Arab dengan mendekatkan peserta kepada Masyarakat dan kebudayaan Arab Saudi untuk merangsang dan memfasilitasi pembelajaran. 

Program pembelajaran ini akan dilaksanakan di Pusat Pengajaran Bahasa Arab “Abjad” yang terdiri atas empat tingkat (A1, A2, B1, B2) dengan durasi periode pembelajaran dua bulan untuk setiap tingkat pendidikan.

Setiap tingkat terdiri dari 160 jam pendidikan, atau dua puluh jam perpekan. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan adalah delapan bulan.

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Peserta yang lulus seleksi mendapatkan fasilitas gratis ke Kerajaan Arab Saudi berupa: Pembelajaran Bahasa selama durasi program, Tiket Pesawat (PP), Visa, Asrama dan seluruh bahan pembelajaran serta akomodasi yang berhubungan dengan program.

Waktu Pendaftaran: 

16 Februari 2024 s.d waktu pendaftaran kurang lebih sebulan (perkiraan pertengahan Maret 2024). 

Waktu Pembelajaran Terdekat: 

20 Safar 1446 H bertepatan dengan 1 September 2024 

Link Pendaftaran: https://arabiccenter.ksaa.gov.sa/admission

Eligibilitas (kriteria layak) pendaftaran:

  1. Memiliki latar belakang pendidikan sekurang-kurangnya lulusan SMA sederajat.
  2. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi yang membuat dirinya mendapatkan visa.
  3. Tidak pernah diberhentikan pada salah satu lembaga pendidikan di Kerajaan.
  4. Sehat secara medis (pelaksanaan Tes Kesehatan akan dilakukan setelah kandidat dinyatakan telah diterima).
  5. Berusia sekurang-kurangnya 18 tahun. Tidak ada batas maksimal usia.
  6. Lulus tahapan tes wawancara pada kandidat yang terpilih pada seleksi berkas (disediakan penerjemah pada proses wawancara).

Berkas atau Dokumen yang diperlukan pada proses Pendaftaran:

  1. Ijazah Pendidikan terakhir (minimal paling rendah jenjang SMA/sederajat), Transkrip nilai ijazah dan terjemahan keduanya.
  2. Passport dengan masa berlaku sekurang-kurangnya setahun sebelum kadaluarsa.
  3. Curicullum Vitae (CV) yang disusun sendiri dengan bahasa Arab atau Inggris (dipersilahkan memilih).
  4. Pas Foto terbaru (foto berwarna ukuran bebas, latar belakang putih, formal dan rapi, tidak menggunakan atribut kepala apapun seperti kacamata atau peci. Mengenakan jilbab bagi Putri, tidak bercadar)

Lampiran berkas bisa menggunakan format image (jpg atau pdf), word, maupun pdf dengan maksimal kapasitas tiap berkas sebesar 2 MB. Pendaftar disarankan agar menggunakan format pdf kecuali pas foto (jpg).

Hal Penting yang harus diketahui:

  • Program ini terbuka untuk Laki-laki dan Perempuan.
  • Formulir disediakan hanya dengan layanan berbahasa: Inggris, Arab, Mandarin, Perancis, Spanyol dan Rusia. Tutorial ini menggunakan pilihan Bahasa Inggris.
  • Program pembelajaran ini terdiri atas empat tingkat (A1, A2, B1, B2) sehingga program ini terbuka untuk pendaftar dari kalangan yang belum mengenal sama sekali bahasa arab maupun sudah memiliki dasar-dasar kemampuan berbahasa arab.
  • Bentuk korespondensi seputar program setelah pengisian formulir, dapat dilakukan melalui alamat email admissiongate@ksaa.gov.sa
  • Alamat lembaga KSAA sendiri berada di Al Wurud, Riyadh 12251, Saudi Arabia. Sehingga proses pembelajaran kemungkinan akan terpusat di kota tersebut.

Catatan Penting dari Angkatan Pertama (keberangkatan Januari 2024) :

  • Angkatan Pertama Program ini terpilih sebanyak 150 orang dari 36 Negara di dunia.
  • Angkatan Pertama dari Indonesia ada 5 orang yang terdiri atas 3 perempuan dan 2 laki-laki. Kelimanya adalah orang-orang yang bergelud di bidang Pendidikan dan Wirausaha (usia lebih dari 25 tahun dari persyaratan minimal usia 18 tahun)
  • Pendaftaran angkatan pertama disosialisasikan sejak Bulan Februari 2023 dan Juli 2023, melewati proses wawancara (Agustus s.d Oktober) dan berhasil mendapatkan Khitob Qobul (Admission Letter) dan Calling Visa pada November 2023
  • Penerima Beasiswa berangkat ke Riyadh dan memulai program pembelajaran pada bulan Januari 2024.
  • Prinsip info penerima beasiswa adalah: “Tidak dikabari artinya Belum Keterima.” Seluruh Awardee mendapatkan informasi seleksi wawancara dan Kabar kelulusan melalui japri email dan WA masing-masing. Jika kamu mendaftar program ini dan tidak dijapri, maka kamu bukanlah kandidat yang mereka inginkan. Terapkan prinsip ini pada seluruh pendaftaran beasiswa Arab Saudi. Jangan dicari. Jangan ditunggu. Kalau lulus, pasti dikabari.
  • Jumlah pendaftar pada seleksi angkatan pertama dari seluruh dunia adalah 16.000 orang (yang diterima 150 orang, dari Indonesia 5 orang).
  • Program bahasa arab lebih bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata kerajaan dan Budaya Arab Saudi, sehingga sasaran kandidat tidak dipilih dari kalangan Muslim saja, namun juga dari kalangan Non Muslim. Sama halnya dengan peserta dari kalangan perempuan, tidak semuanya mengenakan hijab. Kelas diselenggarakan secara campur laki-laki dan perempuan.
  • Ketika semua peserta tiba di Saudi mereka diberikan akomodasi tempat tinggal yaitu Asrama Universitas Princess Noura (PNU). Satu lantai untuk laki-laki dan satu lantai lagi untuk perempuan. Tiap kamar diperuntukan dua orang, tiap lantai terdapat ruang laundry dan Ruang untuk bersantai. 
  • Sarapan pagi jam 7 pagi, kemudian setiap orang harus naik bus menuju pusat belajar bahasa Arab. Disebut Akademi Arab Abjad yang melakukan semua pengajaran. (Tempat Belajar Bukan di Kampus PNU, tapi harus ditempuh dengan bus ke kota Riyadh)
  • Pada hari kedua semua siswa secara formalitas menjalani ujian untuk melihat level bahasa Arab mereka pada 4 level. Namun kenyataanya, semua orang (bahkan siswa yang berpengalaman pun) memulai dari awal ا ب ت ث. Program disediakan untuk pemula saja. Tidak ada pengajaran bahasa Arab tingkat lanjut.
  • Kemudian bus membawa Anda kembali ke Universitas Princess Noura dan Makan Siang pukul 1 siang. Setelah itu setiap orang bebas berbuat sesukanya, namun jika ingin keluar kampus harus meminta izin kepada pengawas apakah diperbolehkan.
  • Peserta Laki-laki tidak dapat menggunakan fasilitas lain yang ada di Prices Noura University karena hanya diperuntukkan bagi perempuan. Terkadang peserta harus mengeluarkan uang untuk naik Uber dan pergi ke berbagai tempat, namun biaya transportasi ini tidak murah di Riyadh.
  • Setelah itu makan malam dilakukan pada jam 7 malam dan jika Anda meninggalkan gedung Asrama, Anda harus kembali sebelum jam 10 malam. 
  • Selain itu, jika Anda ketinggalan bus di pagi hari selama satu hari, mereka akan memberi Anda surat yang menyatakan bahwa itu adalah peringatan. Namun, jika Anda melakukannya lagi, Anda akan dikeluarkan dari program.
  • Setiap akhir pekan para peserta akan mengunjungi suatu tempat di Riyadh, mereka pergi ke pertandingan sepak bola, ke pasar, dan berkeliling kota.
  • Tiket Pesawat dan Akomodasi disediakan, namun peserta tidak mendapatkan uang saku. Ditambah memerlukan biaya yang cukup banyak untuk proses visa di Jakarta (+/- 5 s.d 7 juta rupiah), kebutuhan lain di luar dan pulsa internet (Wifi Akademi tidak berfungsi).
  • Pada saat kunjungan lapangan (jalan-jalan) di hari Sabtu, peserta tidak disediakan makan (sarapan, makan siang dan makan malam). Sehingga akomodasi makan harian hanya terdapat pada hari Ahad s.d Jum’at saja.
  • Perlengkapan mandi seperti sabun dan Detergen Laundri di Asrama disediakan pertama kali, jika habis peserta harus membeli sendiri.
  • Hampir seluruh peserta memiliki lebih dari 1000 pengikut di instagram atau berasal dari negara yang peminatnya tidak banyak (seperti Jepang, Korea, Brazil dll). Mereka ingin menunjukkan pariwisata Saudi dan menunjukkan kepada masyarakat dunia, bahwa Riyadh aman untuk dikunjungi. Progam pun mendorong peserta untuk memposting kegiatan jalan-jalan ini ke Akun Sosial Media masing-masing.
  • Visa yang diberikan adalah visa pelajar dengan durasi tinggal 90 hari, dan akan diperpanjang jika sudah habis (total waktu program 8 bulan).
  • Program telah satu kali menyediakan Bus dan Penginapan di Mekkah untuk peserta muslim melaksanakan kegiatan Umroh dari Riyadh ke Mekkah. Dengan catatan: makan selama umroh tidak ditanggung pihak program.
  • Secara umum sulit mempelajari Bahasa Arab hingga fasih, dengan bentang waktu hanya 8 bulan dengan tujuan program adalah mempromosikan pariwisata.

Tutorial Pendaftaran:

1. Lengkapi berkas dan gunakan laptop atau komputer meja saat melakukan proses pengajuan pendaftaran.

2. Daftarkan diri menggunakan link: https://arabiccenter.ksaa.gov.sa/admission

Promo

3.  Setelah halaman tampil sempurna, pendaftar bisa mengganti tampilan bahasa menggunakan pilihan menu dengan lambang globe (bola dunia) pada bagian kiri atas halaman dan memilih menu English (bahasa Inggris). Pendaftar untuk menghindari penggunaan penerjemahan otomatis pada browser. 

4. Perhatikan seluruh isi halamannya dan tekan tombol “Admission Gate” berwarna hijau di bagian bawah halaman.

5. Setelah tampilan “Sign In” terbuka, dapat diketahui bahwa pada halaman ini digunakan untuk membuat dan memasuki akun pendaftar untuk seterusnya di masa depan. Halaman “Sign In” ini selalu tersedia pada pojok kanan atas pada tampilan menu dalam bahasa inggris.

  • Tekan Tombol “Create Account” untuk pendaftar baru (membuat akun baru).
  • Jika di masa depan akun sudah terbentuk, pendaftar bisa log in dengan memasukan email dan password (kata sandi).
  • Jika di masa depan akun sudah terbentuk dan pendaftar melupakan password (kata sandi) akun, dapat menggunakan menu Forgot Password.

6. Setelah tombol “Create Account” ditekan, maka formulir dapat langsung diisi dengan petunjuk sebagai berikut:

7. Setelah tombol save ditekan, silahkan buka email anda dan lakukan verifikasi email.

8. Kemudian halaman browser akan diarahkan ke tampilan berikut

Agar tidak perlu mengubah tulisan yang tertera dan langsung menekan tombol “Verify”

9. Silahkan Log in menggunakan nama email dan password yang digunakan:

10. Tekan Tombol “Admission Gate”

11. Maka formulir dapat langsung diisi dengan petunjuk sebagai berikut:

Halaman Pertama (Basic Info) – Informasi Dasar

*Bagi pendaftar yang orangtuanya telah wafat, nama pekerjaan bisa dipilih: Other.

Halaman Kedua (Contact Info) – Informasi Kontak, Alamat dan Akun Sosial Media

Jalaman Ketiga (Attachment) – Lampiran

Lampiran berkas bisa menggunakan format image (jpg atau pdf), word, maupun pdf dengan maksimal kapasitas berkas sebesar 2 MB. Pendaftar disarankan agar menggunakan format pdf kecuali pas foto (jpg).

12. Jika sudah klik “Register” maka didapatkan tampilan sebagai berikut jika berhasil.

13. Pendaftar bisa terus memantau perkembangan status pendaftarannya dengan masuk ke dalam akunnya dan menekan tombol “Admission Gate”.

Selesai.

Semoga Allah melapangkan rezekimu dalam menuntut ilmu.

Sumber: minhatiy