Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Pertumbuhan Ekonomi Arab Saudi Dekati Level Tertinggi Dalam Satu Dekade Hasil Rebound Harga Minyak

Pertumbuhan Ekonomi Arab Saudi Dekati Level Tertinggi Dalam Satu Dekade Hasil Rebound Harga Minyak Riyadh

Ekonomi Arab Saudi tumbuh 6,8 persen pada kuartal ke-4 di tahun 2021, mempertahankan laju pertumbuhan tahunan tercepat selama hampir satu dekade.

Pertumbuhan ini karena harga minyak yang tinggi meningkatkan pendapatan Arab Saudi dan mendorong pemulihan dari guncangan pandemi.

Produk domestik bruto nonmigas, mesin penciptaan lapangan kerja, naik 5 persen, sementara ekonomi minyak tumbuh 10,8 persen, menurut perkiraan awal yang dirilis oleh Otoritas Umum untuk Statistik Saudi (GASTAT) pada hari Kamis (10/2).

Umrah Anti Mainstream
Promo

Pertumbuhan untuk 1 tahun penuh 2021 sebesar 3,3 persen menurut GASTAT, sedikit lebih baik dari prediksi pemerintah Saudi dengan pertumbuhan 2,9 persen.

Angka tersebut menunjukkan bahwa varian omicron Covid-19 memiliki dampak ekonomi yang relatif terbatas di ekspor minyak mentah dunia, setidaknya hingga Januari.

Pasar minyak terbantu dengan harga minyak mentah Brent yang rata-rata hampir $80 per barel pada kuartal keempat.

Namun pertumbuhan di sektor swasta nonmigas kehilangan momentum di bulan pertama tahun ini karena kasus virus corona melonjak, dengan Indeks Manajer Pembelian yang disusun oleh IHS Markit turun dari 53,9 pada Desember menjadi 53,2 pada Januari.

Pihak berwenang telah menjaga perekonomian sebagian besar tetap terbuka melalui gelombang pandemi terbaru, dengan mewajibkan dosis booster vaksin sambil melanjutkan serangkaian aktivitas rekreasi seperti “Riyadh Season.”

Pengeluaran konsumen pada bulan Desember bertambah menjadi 1,8 persen lebih tinggi dari bulan yang sama pada dua tahun lalu, sebelum pandemi.[]

Sumber: ALRB

Umrah Anti Mainstream
Promo