Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Konferensi Kecerdasaran Buatan Perdana di Riyadh: Strategi Menjadi Pemimpin Global

Konferensi Kecerdasaran Buatan Perdana di Riyadh: Strategi Menjadi Pemimpin Global

Global Artificial Intelligence (AI) Summit perdana, sebagai platform utama untuk dialog tentang kecerdasan buatan, dibuka secara virtual pada hari Rabu (21/10).

Acara ini mempertemukan para pemangku kepentingan dari dunia akademisi, pemerintah dan sektor swasta selama acara dua hari.

Global AI Summit, yang diselenggarakan oleh Saudi Data & AI Authority (SDAIA) dan G20 Saudi Secretariat, sebagai penghormatan kepimimpinan Arab Saudi di forum internasional.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Salah satu agendanya adalah mengeksplorasi peran kecerdasan buatan di era global baru dan bagaimana potensi transformasinya dapat digunakan “untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk semua.”

Para CEO, inovator, dan pembuat kebijakan terkemuka dunia hadir dalam acara ini.

Di antaranya Abdullah Al-Swaha, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi; Omar Sultan Al-Olama, Menteri Negara UEA untuk Kecerdasan Buatan; Masayoshi Son, Pendiri dan CEO SoftBank Group Corp; dan Houlin Zhao, Sekretaris Jenderal Persatuan Telekomunikasi Internasional.

Arab Saudi Luncurkan Strategi Untuk Menjadi Pemimpin AI Global
Arab Saudi luncurkan strategi nasional untuk menjadi pemimpin global dalam kecerdasan buatan (AI) dan data pada tahun 2030, menarik lebih dari $ 20 miliar investasi asing dan lokal.

“Arab Saudi ingin memberikan contoh terbaik secara global dalam menggunakan AI untuk pembangunan suatu negara,” kata Abdullah bin Sharaf Al Ghamdi, Presiden Otoritas Data dan AI Saudi, dalam pidato pembukaannya di Konferensi AI Global.

Al Ghamdi juga membahas tentang AI Saudi lainnya dan ambisi data untuk tahun 2030, termasuk melatih 20.000 data dan spesialis AI, dan pembuatan 300 data aktif dan startup AI.

“Strategi ini bertujuan untuk menjadikan Arab Saudi, tempat di mana data terbaik dan kecerdasan buatan menjadi kenyataan… ini menetapkan dasar dan arah yang akan kami gunakan untuk membuka potensi untuk memenuhi prioritas transformasi nasional kami dan menetapkan Arab Saudi sebagai hub global untuk data dan AI,” katanya.

“Potensi AI telah menyebabkan persaingan sengit antar negara untuk mengklaim kepemimpinan global… telah terjadi perdebatan yang terlalu negatif tentang risiko dan bahaya AI,” katanya. ARBN

Umrah Anti Mainstream
Promo