Apakah Arab Saudi Wajibkan Jamaah Umrah Disuntik Vaksin Meningitis?

Apakah Arab Saudi Wajibkan Jamaah Umrah Disuntik Vaksin Meningitis?

Pertanyaan ini perlu dijawab dengan jelas dan tegas, dan ternyata bisa didapatkan dari surat dan penjelasan informasi yang disampaikan Ust, Rafiq Jauhary di bawah ini.

Berikut adalah surat resmi dari Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta kepada Kementerian Luar Negeri RI, tentang ketidakharusan bagi jamaah umrah untuk mendapatkan vaksi meningitis. Surat ini didapatkan dari Group Whatsapp Resmi Asosiasi Himpuh:

Dengan keterbatasan yang saya miliki, berbekal aplikasi google saya mencoba mencari tahu informasi seputar penyebaran meningitis di Arab Saudi, berikut data yang saya dapatkan:

Pertama, bahwa Arab Saudi berhasil menangkal penyebaran meningitis dari tahun ke tahun, sehingga menurut saya sangat wajar jika saat ini mereka menyatakan bahwa memasuki Arab Saudi tanpa vaksinasi meningitis sudah cukup aman.

Kedua, menurut data dari Kemenkes Arab Saudi, saya merangkum menjadi beberapa potongan informasi berikut:

infohajian.org
  • Periode 1995-2001 dilaporkan 1103 kasus meningitis. Di antara mereka terdapat warga negara Saudi dan juga para peziarah Tanah Suci.
  • Periode 2002-2011 dilaporkan 184 kasus. Di antara mereka tidak terdapat para peziarah, melainkan hanya warga negara Arab Saudi saja.
  • Periode 2012-2019 dilaporkan 44 kasus. Di antara mereka tidak terdapat para peziarah, melainkan hanya warga negara Arab Saudi saja.

Artinya sejak 21 tahun lalu tidak ada kasus meningitis yang mengenai peziarah Tanah Suci, kasusnya pun menurun sangat drastis dan lebih banyak mengenai anak-anak.

Ketiga, saya tidak terlalu memahami data medis, namun saya menyandarkan tulisan saya di atas pada artikel kedokteran berikut: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/34390485/[]