Menjajal “Jet Darat” Haramain High Speed Railway di Arab Saudi

Menjajal “Jet Darat” Haramain High Speed Railway di Arab Saudi

Melakukan perjalanan (safar) darat ke manapun tujuan Anda, yang diharapkan adalah keamanan dan kenyamanan. Dua hal yang paling utama tersebut bisa Anda dapatkan di Arab Saudi.

Di antara transportasi darat yang paling digemari oleh penduduk di Wilayah Barat Saudi adalah kereta cepat Haramain (Haramain High Speed Railway, HHSR).

Sesuai dengan namanya, kereta Haramain ini bisa melaju hingga 300 km/jam, meskipun tidak konstan sepanjang perjalanannya. Ini karena ada beberapa daerah yang dilaluinya, kereta harus memperlambat kecepatannya.

Saat ini HHSR memiliki beberapa 5 stasiun pemberangkatan di King Abdulaziz International Airport (KAIA) Jeddah, Stasiun Jeddah, King Abdullah Economi City (KAEC) Rabigh, Mekkah dan Madinah.

Memilih transportasi kereta di Arab Saudi akan merasakan pengalaman tersendiri yang berbeda dengan pesawat atau mobil di atas jalan raya.

infohajian.org

Meski dengan kecepatan tinggi, gerbong HHSR masih tetap aman dan nyaman tidak terasa guncangan berarti kecuali saat melintasi gurun pasir terbuka dan saat angin berhembus kencang.

Pemandangan kanan-kiri gerbong kereta cepat Haramain tidak akan dijumpai dengan sarana transportasi apapun, pasalnya jalur rel keretanya benar-benar menembus ratusan kilometer gurun tak bertuan.

Beberapa wilayah yang dilalui selain gurun pasir, adalah gunung bebatuan cadas. Sementara jalur rel yang mendekati dan melintas wilayah perkotaan, aman dan tidak mengganggu jalan raya.

Relnya memiliki lintasan sendiri dibatasi dengan beton dua meter lebih dan di beberapa jalur, sebagian lainnya di atas jembatan.

Tentang kenyamanannya, tidak perlu diragukan lagi. Di kelas ekonomi disediakan free wifi, jarak antar dua kursi cukup lapang, kaki bisa selonjoran, disediakan papan untuk makan, keranjang perabotan, tempat sampah, listrik untuk mengisi daya, dan bagasi di atas kepala untuk koper 7 kiloan.

Di gerbong pembatas antara kelas ekonomi dan bisnis, tersedia kantin yang menyediakan berbagai menu makanan instan dan tentunya minuman hangat.

Pelayanan mulai check in hingga boarding, mirip penumpang pesawat terbang. Hanya saja untuk barang bawaan harus mengatur secara mandiri, seperti menempatkannya di ujung gerbong kereta untuk ukuran yang besar.

Tertarik mencoba jet darat di Arab Saudi? Harga tiket termurah di jam tertentu mulai 138 Riyal Saudi untuk kelas eknomi. Adapun kelas bisnis bisa mulai 170 Reyal Saudi, untuk rute Jeddah ke Madinah.

Pembelian tiket bisa melalui website HHSR atau langsung di loket di stasiun. Tetapi perlu memesan tiket di awal waktu mengingat selalu full booked, terutama di akhir pekan dan musim libur sekolah atau di jam-jam favorit.[]