Al Baik menjadi juara pertama di Arab Saudi, sebagai merek teratas untuk brand health tahunan menurut YouGov BrandIndex.
Almarai, yang selama dua tahun terakhir berada di posisi teratas, kini harus puas turun ke peringkat kedua.
Pemeringkatan ini didasarkan pada skor Indeks dari YouGov BrandIndex, yang mengukur sehatnya merek secara keseluruhan.
Skor tersebut memperhitungkan persepsi konsumen tentang kualitas, nilai, kesan, reputasi, kepuasan merek secara keseluruhan.
Penilaian juga didasarkan apakah konsumen akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain, sebagaiman penjelasan YouGov.
Merek Digital power seperti YouTube, WhatsApp, dan Google tetap berada di posisi yang sama tahun ini, yaitu di posisi ketiga, keempat dan kelima.
Dettol juga menempatkan merknya di tempat yang sama dengan tahun lalu, di peringkat ke-10. Apple merosot satu tempat ke urutan ketujuh.
Di sisi lain, maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia, melonjak dua tempat ke urutan keenam tahun ini.
Galaxy Chocolate dan Mada merupakan pendatang baru di peringkat kedelapan dan kesembilan.
Salah satu gerakan paling menarik adalah langkah besar yang dibuat oleh Mada selama setahun terakhir.
Selain menjadi salah satu dari 10 merek teratas di Arab Saudi, jaringan pembayaran menduduki puncak daftar brand health YouGov yang paling meningkat.
Skornya meningkat sebesar +9,0 selama 12 bulan terakhir, kata YouGov.[argaam]