Umrah Ramadan oleh: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop
promo: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop

Besok Portal “Study in Saudi” Dibuka: Siapkan Berkas Bagi Pemburu Beasiswa

Besok Portal “Study in Saudi” Dibuka: Siapkan Berkas Bagi Pemburu Beasiswa Foto: erem

Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi megumumkan pengajuan pendaftaran mahasiswa baru jenjang S1 untuk tahun ajaran baru 1445-1446 H, akan dibuka pada besok, hari Kamis, 7 September 2023.

Untuk pendaftaran pengumpulan berkas dokumen bagi calon penerima beasiswa, portal Study in Saudi akan segera dibuka untuk pendaftaran jenjang sarjana (S1).

Informasi persiapan pembukaan portal tersebut telah dirilis sejak hari Senin, 4 September 2023 (H-3 pendaftaran).

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Para pemburu beasiswa ke Arab Saudi tidak perlu kuatir kebingungan bagaimana tata cara pendaftarannya. Karena tutorialnya akan dipublikasikan setelah pendaftaran dibuka.

Tidak semua perguruan tinggi di Arab Saudi tersedia pendaftarannya di portal Study in Saudi ini. Berikut daftar universitas yang dapat diajukan beasiswanya melalui web Study in Saudi:

Merujuk pada pembukaan pendaftaran tahun ajaran lalu, Anda bisa memeriksanya di link berikut ini:

• Link Sistem Portal https://studyinsaudi.moe.gov.sa/
• Panduan dan Tutorial Pendaftaran https://bit.ly/studyinsaudi

Sebagai pengingat bahwa portal Study in Saudi memungkinkan diakses oleh belasan ribu pendaftar dari seluruh dunia. Karena kepadatan pengunjung tersebut, laman pengisian formulir bisa terjadi gangguan.

Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengingatkan bahwa memungkinkan didapati kesalahan (error) pada halaman formulir saat pengisian. Untuk itu, pendaftar dihimbau untuk:

  • Mengakses halaman portal dengan menggunakan PC atau Laptop.
  • Menyiapkan berbagai macam browser (Google Crome, Mozilla, Microsoft Edge, Opera, dll) untuk mencoba salah satu browser satu dengan lainnya, jika mendapati halaman error.
  • Menyiapkan jaringan internet yang cukup.
  • Bersabar dengan tidak mengharapkan penyelesaian pendaftaran hanya dengan satu hari mencoba.

Study in Saudi merupakan portal pendaftaran terintegrasi antara seluruh kampus negeri di Arab Saudi dengan Kementerian Pendidikan. Karenanya, pendaftar tidak perlu lagi menanyakan status pendaftarannya ke kampus yang dituju. Portal ini memberikan informasi selanjutnya kepada calon pendaftar.

BACA: Beasiswa di Arab Saudi: Portal Terintegrasi Pendaftaran Mahasiswa Internasional di Seluruh Universitas Arab Saudi

Setelah melakukan pendaftaran dengan satu nomor pengajuan (roqm tholab), calon mahasiswa dapat memilih 3 (tiga) kampus sekaligus. Pada pilihan kampus, pendaftar dapat menentukan 3 (tiga) kuliyah (fakultas) pilihannya.

Promo

Profil seluruh universitas negeri yang dapat dipilih termasuk info kesediaan mahad lughah (program persiapan bahasa Arab) pada masing-masing kampus dan trik bagaimana membuat 3 (tiga) pilihan kampus dengan formasi 1-2 atau 2-1, dapat dibaca di sini: https://saudinesia.id/pendidikan/profil-perguruan-tinggi-negeri-di-arab-saudi/.

Selamat mempersiapkan diri.[]

*) Dikutip dari “Minhatiy” dengan perubahan seperlunya.