Pusat Metereologi Nasional Saudi Perkirakan Hujan Lebat Kembali Turun di Jeddah dan Rabigh

Pusat Metereologi Nasional Saudi Perkirakan Hujan Lebat Kembali Turun di Jeddah dan Rabigh

Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi memperingatkan hujan lebat dan angin permukaan akan melanda Jeddah dan Rabigh, terutama daerah pesisir, pada hari Rabu (30/11) ini.

Hujan sedang hingga lebat, disertai aktivitas angin permukaan dan hujan es akan melanda seluruh Jeddah serta area terbuka dan jalan raya, menurut NCM dalam prakiraan cuacanya. Kondisi ini berdampak terhadap berkurangnya jarak pandang yang akan berlanjut hingga pukul 10.00 pagi.

NCM juga mengeluarkan peringatan tingkat tinggi akan badai disertai hujan lebat di Rabigh. Diperkirakan, hujan akan berlanjut hingga pukul 12.00 siang.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Saudi dan Direktorat Pertahanan Sipil di wilayah Makkah mengimbau masyarakat untuk berjaga-jaga dan berhati-hati saat hujan.

Selain juga memperingatkan agar tidak mendekati rawa-rawa air, menjauh dari tempat-tempat di mana aliran air deras berkumpul, dan tidak mengambil risiko melintasi lembah saat hujan.

infohajian.org

Hujan deras yang melanda Jeddah Kamis lalu adalah curah hujan tertinggi yang pernah tercatat di kota pesisir tersebut. Hujan berlangsung sekitar delapan jam, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dan dengan volume 179,7 milimeter air, menurut stasiun pemantauan NCM.

Dua orang tewas dalam banjir yang mengingatkan banjir dahsyat yang melanda Jeddah tepat 13 tahun lalu. Beberapa orang yang terjebak di dalam kendaraan yang terendam berhasil diselamatkan. Perenang dari Pertahanan Sipil Jeddah menyelamatkan banyak pengendara yang terjebak di terowongan Jalan Raja Abdullah yang tergenang air.

Penerbangan dan lalu lintas jalan terganggu selama beberapa jam karena arteri utama dan jalan raya tergenang air. Beberapa jalan di lingkungan perumahan Jeddah terendam banjir, menyebabkan banyak kendaraan mogok.[]

Sumber: SG