Umrah Ramadan oleh: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop
promo: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop

Pemandian Air Panas Ain Al-Harrah, Wisata Terapi Baru Diresmikan di Mekah

Pemandian Air Panas Ain Al-Harrah, Wisata Terapi Baru Diresmikan di Mekah

Arab Saudi kaya dengan banyak situs panas bumi potensial di sepanjang sisi pantai barat Laut Merah seperti Ain Al-Harrah, yang merupakan salah satu tujuan terapi dan wisata paling penting dan menonjol di wilayah Mekah.

Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal baru-baru ini meresmikan proyek pengembangan Taman Ain Al-Harrah di Ghamika Center, provinsi Al-Laits.

Proyek ini merupakan rehabilitasi lokasi tersebut setelah diguyur hujan deras beberapa tahun lalu, dengan pembentukan kelompok kerja untuk mempelajari bagaimana melindungi situs dari hujan lebat.

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Pemandian air panas terapeutik Ain Al-Harrah mencakup 19 sub-mata air dan berada 165 meter di atas permukaan laut, dengan suhu air lebih dari 80 derajat Celcius dan perkiraan seluas 49.800 meter persegi. Ain Al-Harrah mencakup tujuh ruang sauna kayu di atas area cekungan 400 meter.

Situs mata air panas ini memiliki topografi yang hampir datar. Dikelilingi oleh 20.000 meter persegi ruang hijau dan memiliki iklim yang sejuk dan alam yang indah.

Lokasi tersebut juga dikelilingi oleh dinding beton 400 meter yang dibangun untuk melindungi daerah cekungan dari hujan deras akibat cuaca ekstrim sebelumnya yang menyebabkan runtuhnya bendungan.

Dengan ruang untuk berkemah dan relaksasi, taman ini juga berfungsi sebagai tujuan wisata keluarga yang menakjubkan. Area hijaunya memiliki jaringan irigasi otomatis, penerangan, taman bermain anak-anak, payung kayu, toilet, dan jalur pejalan kaki.

Air panas yang mengalir dari mata air ini mengandung mineral belerang terlarut dalam komposisinya, menggelegak dari tanah melalui bebatuan yang membentuk topografi desa.

Air mineral belerang dikenal karena efek terapeutik dan manfaatnya untuk berbagai bagian tubuh, termasuk alergi kulit, karena merupakan sumber penyembuhan alami untuk gangguan pernapasan dan muskuloskeletal.

Pemandian air panas adalah salah satu tujuan paling populer di seluruh dunia bagi mereka yang mencari fisioterapi, relaksasi, dan wisata pengobatan. Ini adalah fenomena alam di mana air tanah dipanaskan melalui batuan cair atau dengan sirkulasi melalui patahan untuk memanaskan batuan jauh di dalam kerak bumi.

Mandi atau bahkan minum air yang kaya mineral membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dan kulit seperti psoriasis dan eksim, masalah persendian, atau penyakit kronis.

Fisioterapis Saudi Rahaf Meer mengatakan efek mata air panas tergantung pada panas dan kandungan mineral air.

Promo

“Ini juga menyembuhkan nyeri sendi, di mana pasien akan merasa sangat lega setelah mandi di air seperti itu, yang kaya dengan elemen penyembuhan yang sangat bermanfaat,” katanya kepada Arab News.

“Namun, jika dibarengi dengan teknik seperti latihan dan mobilisasi sendi, kita akan melihat peningkatan dalam banyak kasus. Dan, tentu saja, memiliki efek psikososial yang membuat pasien merasa lebih baik,” lanjutnya.

Ada lebih dari 12 mata air panas belerang di Arab Saudi tersebar di Jazan dan Makkah, dan tujuh di Al-Ahsa, Wilayah Timur Saudi.[]

Sumber: ARBN