Umrah Ramadan oleh: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop
promo: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop

7 Manuskrip Langka Dipamerkan di Perpustakaan Wanita Masjidil Haram Mekkah

7 Manuskrip Langka Dipamerkan di Perpustakaan Wanita Masjidil Haram Mekkah

Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memajang 7 manuskrip langka dalam pameran Perpustakaan Wanita Masjidil Haram Makkah. Di antaranya mushaf Alquran Utsmani yang ditulis pada masa pemerintahan Khalifah Rasyidin, Usman bin Affan radhiyallahu ‘anhu.

Panitia penyelenggara pameran Departemen Umum Urusan Kebudayaan, Aktivitas dan Acara Wanita menampilkan beberapa koleksi unik, di antaranya lembaran ayat-ayat Al-Qur’an yang ditulis oleh kaligrafer Muhammad Ibrahim, salinan musnad Muwatta’ satu-satunya di dunia, dan surat kabar tua sejak 60 tahun yang lalu.

Direktur Jenderal Departemen Kebudayaan, Kegiatan dan Acara Perempuan, Omaima Al-Sudais, mengatakan bahwa pameran ini merupakan adalah jendela budaya untuk memperluas wawasan dan pengetahuan pengunjung secara histori dan budaya.

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Pameran yang diadakan di perpustakaan khusus wanita di Masjidil Haram ini dikunjungi oleh jemaah haji yang masih berada di Makkah, peneliti, dan mahasiswa. Yang menarik dari pameran yang menonjolkan aspek budaya ini, karena di dalamnya terdapat 12 perpustakaan pribadi.

Omaima Al-Sudais juga menambahkan, bahwa pameran tersebut berisi mural yang mendokumentasikan tahap-tahap perkembangan yang dilalui perpustakaan dan menampilkan beberapa manuskrip berharga, salinan Al-Qur’an, koran bekas, foto-foto Masjidil Haram dan Makkah Al-Mukarramah kuno dan modern, serta gambar-gambar manuskrip.[alarb]