Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Mengenal Pakaian Adat Pria Arab Saudi (2)

Mengenal Pakaian Adat Pria Arab Saudi (2)

Sebagaimana negara di seluruh dunia, setiap daerah di Arab Saudi memiliki pakaian, makanan, dialek dan tradisinya sendiri dan keindahannya masing-masing.

Secara geografis, Arab Saudi dibagi menjadi 5 wilayah utama; Wilayah Utara, Najd, Hijaz, Wilayah Timur dan Selatan. Berikut jenis pakaian adat pria Arab Saudi.

Sekarang mari kita pergi ke setiap wilayah di Arab Saudi dengan pakaian adatnya masing-masing.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Najd

Di wilayah tengah Arab Saudi yang meliputi Riyadh dan sekitarnya, penduduknya memakai deglah shemagh terutama saat tarian tradisional Saudi “erdah.”

Hijaz

Wilayah ini yang tertua di Arab dan banyak digunakan di masa lalu. Biasanya penduduk di Hijaz mengenakan jubah putih dengan jenis ikat kepala khusus yang disebut magsab (مقصب). Banyak pemimpin kabilah dan raja, terutama Raja Faisal dikenal mengenakan pakaian dengan gaya Hijazi.

Wilayah Selatan dan Timur

Tidak ada penutup kepala khusus untuk pakaian adat pria di wilayah selatan dan timur Arab Saudi. Tetapi laki-laki cenderung memakai tsaub putih dengan mahzim di sekitar pinggang dan janbiah.

Selatan Jauh

The last but not the least, pria Jazan dan Najran dan daerah lain di ujung selatan, serta Taif dan Tehama, memakai bunga di kepala mereka. Itulah mengapa mereka disebut pria bunga, juga mereka biasanya tidak memakai tsaub, tetapi memakai berbagai jenis pakaian.