Diliputi Ketenangan: Video Pemandangan Indah Majlis Ilmu di Masjid Nabawi Setelah Shalat Subuh

Diliputi Ketenangan: Video Pemandangan Indah Majlis Ilmu di Masjid Nabawi Setelah Shalat Subuh

Akun saluran televisi Al-Ekhbariya di akun resmi Twitter-nya merilis sebuah video yang menggambarkan pemandangan indah saat majlis ilmu di Masjid Nabawi diselenggarakan.

Dalam video tersebut tampak ratusan orang, usai melaksanakan shalat Shubuh, dalam lingkaran zikir dan sebagian lainnya menyimak pelajaran yang disampaikan masyayikh dengan suasana yang memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa.

Video tersebut disertai dengan komentar dari saluran Al-Ekhbariya, mengutip tiga hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

عن عمر (رضي الله عنه) قال: قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم): “ما منكم من أحد يتوضأ فيُسبِغ الوضوء، ثم يقول: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله – إلا فتحت له أبواب الجنة الثمانية يدخل مِن أيها شاء” (أخرجه مسلم والترمذي).

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah di antara kamu yang berwudhu dan melakukan wudhu dengan sempurna, lalu berkata: Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, kecuali dibukakan baginya delapan pintu surga, dan dia dapat masuk melalui mana saja yang dia kehendaki.” (HR Muslim dan At-Tirmidzi).

infohajian.org

وعَنْ أنسٍ (رضْي اللهُ عنه) قالَ: قالَ رسولُ اللهِ (صلى الله عليه وسلم): «مَنْ قَالَ – يعنِي إذا خرَجَ مِنْ بيْتِه -: بسمِ اللهِ تَوكَّلتُ على اللهِ، ولا حولَ ولا قوَّةَ إلَّا باللهِ، يُقالُ له: هُدِيتَ وكُفيتَ ووُقِيتَ، وتنَّحَّي عنه الشَّيطانُ» (رواه أبو داودَ والترمذيُّ).

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang mengatakan – yaitu ketika dia keluar dari rumahnya -: Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah, maka akan dikatakan kepadanya, dan kamu telah diberi hidayah, dicukupkan dan dilindungi, dan setan telah pergi darinya.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

وعن أم سلمة (رضي الله عنها) قالت: “ما خرج النبي (صلى الله عليه وسلم) من بيتي قط إلا رفع طرفه إلى السماء فقال اللهم أعوذ بك أن أَضل أو أُضل أو أَزل أو أُزل أو أَظلم أو أُظلم أو أَجهل أو يُجهل عليّ” (رواه أو داود).

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, dia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah tidak pernah keluar dari rumah kecuali beliau melihat ke langit seraya berdoa: “ALLAHUMMA A’UUDZU BIKA AN ADLILLA AU UDLALLA AU AZILLA AU UZALLA IA AZHLIMA AU UZHLAMA AU AJHALA AU UJHALA ‘ALAYYA” (Ya Alla ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari ketersesatan atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzhalimi atau dizhalimi dan membodohi atau dibodohi).” (HR. Abu Dawud).