Dari 1,2 Juta Jamaah Umrah yang Tiba di Arab Saudi, Indonesia yang Terbanyak dari Seluruh Negara Dunia

Dari 1,2 Juta Jamaah Umrah yang Tiba di Arab Saudi, Indonesia yang Terbanyak dari Seluruh Negara Dunia

Total sebanyak 1.267.490 jemaah umrah telah tiba di Arab Saudi sejak awal musim umrah 1 Muharram 1444 (30 Juli 2022). Sebanyak 880.929 jamaah umrah datang melalui udara, sebagaimana laporan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, menempati urutan pertama terbanyak di antara negara-negara yang memberangkatkan jamaah umrah. Sebanyak 317.200 jamaah Indonesia tiba di Arab Saudi untuk melakukan umrah selama musim saat ini.

Pakistan berada di urutan kedua dengan 195.224 jamaah, sementara India di urutan ketiga dengan 133.517 orang, dan Irak dengan 86.803 peziarah.

Ada 470 perusahaan Saudi yang memiliki izin yang memberikan layanan kepada jamaah umrah dan peziarah selama musim umrah selama 10 bulan dalam satu musim tahun ini. Layanan umrah akan berakhir pada 29 Dzulqadah, tepat sebelum musim haji.

Kebijakan baru Arab Saudi juga telah memperpanjang masa tinggal visa umrah dari satu bulan menjadi tiga bulan. Para muktamirin diizinkan melakukan perjalanan ke seluruh wilayah Arab selama masa berlaku visa belum habis.

infohajian.org

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menekankan perlunya perusahaan dan penyelenggara layanan umrah berkomitmen untuk menyediakan semua paket layanan yang dibutuhkan kepada para jamaah dengan meningkatkan kualitasnya, sebagaimana semangat menuju Visi Saudi 2030.[SG]