Umrah Ramadan oleh: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop
promo: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop

Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji Bagi Warga Asing Dari Seluruh Dunia

Arab Saudi Buka Pendaftaran Haji Bagi Warga Asing Dari Seluruh Dunia

Senin (25/12), Arab Saudi mengumumkan dibukanya pendaftaran resmi haji 2024 bagi warga asing dari seluruh dunia. “Jemaah haji dari seluruh dunia kini dapat mendaftar bersama keluarganya untuk musim haji 1445/2024 melalui aplikasi Nusuk Haji di bawah Kementerian Haji dan Umrah,” ungkap Pusat Komunikasi Internasional (CIC), salah satu badan Kementerian Media Arab Saudi.

Jamaah haji dari benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oceania dapat mengajukan perjalanan ibadah haji melalui aplikasi Nusuk Haji. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dapat diperoleh di website hajj.nusuk.sa.

Nusuk adalah platform one-stop-shop di bawha monitor Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang menawarkan kepada jamaah berbagai paket haji dan dikelola oleh penyedia layanan resmi, untuk memastikan pengalaman spiritual seumur hidup yang nyaman.

Haji Tanpa Antri
Promo

Para jamaah dapat mendaftarkan nama mereka melalui website setelah membuat akun pribadi dengan memberikan alamat email dan memilih negara tempat tinggal dari daftar yang tersedia. Tidak semua warga negara dunia dapat mendafta, tetapi negara-negara tertentu yang tercantum di web tersebut.

Haji, rukun Islam kelima, adalah suci dan wajib bagi setiap Muslim dewasa yang mampu. Sama seperti amalan penting lainnya dalam Islam, haji hadir dengan serangkaian manasiknya yang harus diikuti dengan khidmat selama perjalanan suci ini.

Musim haji tahun 2023 lalu, kapasitas jemaah haji menjadi normal untuk yang pertama kalinya pasca pandemi corona. Sebanyak 1.845.045 jamaah, terdiri dari 1.660.915 jamaah asing dan 184.130 jamaah dalam negeri, melaksanakan ibadah haji.

Di antaranya, jemaah laki-laki sebanyak 969.694 orang dan jemaah perempuan mencapai 875.351 orang. Jumlah jamaah haji dari negara-negara Asia sebanyak 1.056.317 orang atau mencakup 63,5 persen, sedangkan jumlah jamaah haji dari negara-negara Arab mencapai 346.214 orang atau mewakili 21 persen dari total jamaah haji tahun lalu.[]

Sumber: SG