Umrah Ramadan oleh: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop
promo: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop

Apakah Menggunakan VPN di Arab Saudi Dilarang dan Diancam Denda 1 Juta Reyal?

Apakah Menggunakan VPN di Arab Saudi Dilarang dan Diancam Denda 1 Juta Reyal?

Benarkah berita yang beredar bahwa penggunaan program VPN untuk menerobos peblokiran adalah tindakan ilegal dan dianggap melanggar UU Anti-Cybercrime Arab Saudi berdasarkan Ayat 3 Pasal 3 UU Anti-Cybercrime Arab Saudi, bahwa termasuk pidana dengan ancaman penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak 500 ribu riyal, atau kedua-duanya?

Dr. Hizam bin Saud Al-Subaie memberikan jawabannya sebagai berikut:

Saya bekerja dan sampai saat ini masih menjadi konsultan di beberapa kantor hukum dalam kasus kejahatan informasi.

Haji Tanpa Antri
Promo

Perlu diketahui, bahwa ada ketentuan hukum yang tetap terkait pertanyaan di atas, bahwa:

  1. Inti dari sebuah undang-undang adalah dengan esensi dan tujuan sebenarnya, bukan dengan kebalikannya.
  2. Masalah yang diterapkan sebuah undang-undang bersifat terbatas dan teksnya tidak boleh dianalogikan atau diperluas penafsirannya.

Oleh karena itu, belum ada teks dalam sistem Saudi yang mengkriminalisasi penggunaan program VPN.

Adapun maksud yang ditetapkan dalam undang-undang Arab Saudi dalam Ayat 3 Pasal 3 adalah melakukan akses secara ilegal ke dalam sebuah website untuk tujuan spionase, penyadapan, sabotase, atau kerusakan lainnya.

Namun, saya setuju bahwa beberapa aplikasi VPN berbahaya bagi privasi informasi Anda, dan perlu diketahui bahwa VPN bukan satu-satunya teknologi untuk menerobos pemblokiran.

Saya menyarankan penanya untuk tidak terlalu memperhatikan apa yang viral di media sosial. Apabila ada peraturan perundang-undangan baru mengenai hal ini, maka akan diumumkan secara resmi seperti peraturan perundang-undangan lainnya.

Saya juga ingin memperjelas satu hal penting:

🔅Jaringan VPN “aman” digunakan untuk melindungi ponsel atau perangkat dari peretasan, pelacakan, dan lain-lain. Ini tidak dianggap sebagai cara akses ke sebuah web secara ilegal. Bahkan sebagian besar browser, termasuk Google, justru merekomendasikan untuk menggunakannya.

🔅 Jaringan VPN adalah sebuah jaringan, seperti jaringan Internet lainnya, dan perusahaannya diberi wewenang untuk beroperasi, penggunanya bisa berlangganan berdasarkan akad.

🔅Beberapa browser, program anti-virus, dan lainnya, juga menyertakan VPN dalam paketnya.

Promo

Sumber: