3 Negara Pusat Pergerakan Islam Terbesar di Dunia dan Arab Saudi

3 Negara Pusat Pergerakan Islam Terbesar di Dunia dan Arab Saudi

Ada beberapa negara yang merupakan tempat lahirnya dan pusat pergerakan islam tingkat internasional, yang penyebarannya mendunia dan anggotanya jutaan orang.

Di antaranya ada empat “pergerakan Islam” yang satunya dibedakan, yang mendominasi di dunia pada abad sekarang ini sebagaimana yang dirilis dalam wikipedia:

Ikhwanul Muslim, Pergerakan ini lahir di negeri mesir pada tahun 1928.. Pendirinya adalah Hassan Al Banna.

Hizbut Tahir, Pergerakan ini lahir di negeri Palestina pada tahun 1953.. Pendirinya adalah Taqiyuddin An Nabhani.

Jamaah Tabligh. Pergerakan ini lahir di Mewat India pada tahun 1927, pendirinya adalah Muhammad Ilyas Al-Kandhlawi.

infohajian.org

Salafiyyah tidak disebut pergerakan Islam, karena salafiyyah hanya metode berislam yang mengajak kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman para salaf.

Salafiyyah tidak ada tahun berdirinya, tidak ada pendirinya dan tidak ada negara tempat berdirinya. Karena sejak zaman Rasulullah sudah ada penamaan salaf.

Untuk era sekarang ini, Arab Saudi merupakan negara yang mengambil metode salafiyyah dan menyebar luaskan faham ini melalui dakwah dan pendidikan ke seluruh dunia.

Bagaimana kondisi negara-negara yang menjadi pusat pergerakan, dakwah, pendidikan dan pengkaderan mereka di masa sekarang ini?

Mesir. Sebagai tempat berdiri Ikhwanul Muslimin dan pusat dakwah, pendidikan dan pengkaderannya, sampai sekarang negara tersebut adalah negara sekuler.

Palestina, sebagai tempat berdirinya Hizbut Tahrir dan Beirut, Libanon, sebagai pusat pendidikan, dakwah dan pengkaderannya sampai sekarang negara-negara tersebut adalah negara sekuler.

India, sebagai tempat berdirinya Jama’ah Tabligh dan sebagai pusat dakwah, pendidikan dan pengkaderannya, sampai sekarang negara tersebut sebagai negara yang penuh dengan kesyirikan.

Arab Saudi, sebagai tempat berkembangnya dakwah dan pendidikan salafiyyah, menjadi negara Islam yang terbaik pada saat ini.

Sebagai negara tauhid dan sunnah yang paling aman di dunia, paling makmur dan sejahtera, paling banyak membantu negara-negara Islam lain, dan kebaikan-kebaikan lainnya.

BACA: INI DIA BERBAGAI MACAM KEBAIKAN DAN BANTUAN ARAB SAUDI UNTUK DUNIA

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

السعودية أفضل دولة سلفية من ألف سنة، لايوجد دولة بعد القرون المفضلة نشرت التوحيد والعقيدة السلفية أفضل من السعودية. السعودية بلاد الحرمين ومأزر التوحيد ومنطلق الدعوة السلفية،العداء للدولة السعودية عداء لل

“Arab Saudi adalah negeri salafiyyah yang paling utama dari sejak seribu tahun. Tidak ada negeri setelah tiga generasi utama yang menyebarkan tauhid dan akidah salafiyyah yang lebih utama daripada Arab Saudi.”

Saudi adalah negerinya dua Tanah Haram, penyokong tauhid dan pijakan dakwah salafiyyah. Permusuhan terhadap negeri Arab Saudi itu berarti permusuhan kepada agama Islam..” (Al-Fatawa 1/380)

Semoga metode dakwah salafiyyah semakin berkembang di Indonesia dan negeri kaum muslimin lainnya.[]

Sumber: Postingan Ust. M. Faishal di WAG ACS