Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Pendatang Baru: Ini Dia Cara Menyewa Rumah di Arab Saudi

Pendatang Baru: Ini Dia Cara Menyewa Rumah di Arab Saudi

Pertama kali tiba di Arab Saudi, pastikan Anda akan tinggal di hunian yang layak dan sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda bekerja di perumahan (domestik/informal), maka tidak perlu mencari rumah yang akan disewa untuk tempat tinggal. Karena sponsor (kafil) akan menyediakan lengkap dengan perabotannya.

Begitu pula bagi bagi ekspatriat yang bekerja di perusahaan atau perkantoran, beberapa di antaranya menyediakan akomodasi; baik berupa asrama karyawan, flat keluarga atau rumah di compound.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Tetapi jika pihak sponsor tidak menyediakan, alias Anda diminta untuk mencarinya sendiri, maka berikut ini beberapa tipsnya.

Pertama, cari hunian rumah yang tidak jauh dari lokasi Anda bekerja. Jikapun harus jauh, perkirakan berapa lama waktu perjalanan yang ditempuh dari rumah ke tempat kerja Anda.

Rata-rata jalanan di Arab Saudi seperti jalan tol di Tanah Air, meski tidak berbayar. Tetapi, biasa terjadi kemacetan di jam-jam tertentu (zahmah) dan jika terjadi kecelakaan (laa qadarallah).

Kedua, kenalilah lingkungan calon tempat tinggal Anda. Meskipun secara umum Arab Saudi aman, tetapi ada beberapa distrik yang dikenal sebagai “sarang haromiy.”

Maka, tanyakan kepada orang-orang yang Anda kenal yang lebih dahulu tinggal di kota Anda, daerah mana yang aman dan nyaman.

Ketiga, sesuaikan biaya sewa rumah dengan budget yang Anda miliki. Umumnya pihak kantor atau perusahaan Anda di Saudi, memberikan kompensasi (badal sakan) beberapa persen dari gaji pokok Anda.

Setelah menimbang ketiga hal di atas, Anda bisa langsung melakukan survey ke lokasi tempat bakal rumah atau flat yang Anda inginkan.

Rata-rata hunian sewaan di Arab Saudi berbentuk apartemen atau flat di sebuah gedung bertingkat. Jadi, Anda bisa memilih mana yang lebih cocok untuk tinggal di lantai berapa.

Jika sudah didapati calon rumah yang telah ditargetkan, Anda dapat menghubungi kontak nomor hanphone-nya yang terpampang di sebuah papan (lauhah) iklan ditempel di gedung apartemen bertuliskan “lilijaar” (untuk disewakan).

Umrah Anti Mainstream
Promo

Yang perlu diperhatikan ketika membaca lauhah iklan penyewaan flat, di antaranya memastikan flat (suqqah) tersebut khusus untuk bujangan (azzab) saja atau untuk keluarga (‘ailah/’awail), karena rata-rata gedung flat dipisahkan antara keduanya.

Saat Anda menghubungi nomor kontak yang tertulis, hal-hal yang perlu dipastikan di antaranya;

  • Harga sewa pertahun, biaya air pertahun, biaya asuransi bangunan (dikembalikan saat mengakhiri kontrak), dan biaya administrasi kantor.
  • Pembayaran sewa rumah apakah bisa pertiga bulan, persemester atau setahun sekali.
  • Pastikan flat tersebut apakah terdiri berapa kamar, dapur, ruang tamu dan kamar mandi, dan di lantai berapa.
  • Pembayaran listrik apakah dibayar sendiri atau sharing dengan calon tetangga di gedung tersebut.

Selanjutnya, Anda akan diminta membayar di awal sesuai kesepakatan.

Semenjak diberlakukan sistem online di Arab Saudi, semua kontrak akan dikirimkan melalui akun Absher Anda. Jadi, Anda tinggal menunggu notifikasi melalui SMS di handphone, kemudian buka akun Absher, setujui kontrak sewa rumah, selesai.

Jika tempat bekerja Anda memberikan badal sakan, maka cetak kontrak tersebut dan ajukan ke perusahaan untuk mendapatkan ganti uang sewa rumah.[]

Sumber: serbaserbisaudi