Umrah Ramadan oleh: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop
promo: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop

Mulai Januari 2024 Pembayaran Sewa Rumah di Arab Saudi Harus Secara Online

Mulai Januari 2024 Pembayaran Sewa Rumah di Arab Saudi Harus Secara Online

Mulai bulan depan, Arab Saudi mengharuskan semua pembayaran sewa untuk transaksi perumahan harus dilakukan hanya melalui platform online.

Tayseer Al Mufarrej, juru bicara Otoritas Umum Real Estate Arab Saudi, menegaskan langkah ini sebagai sarana untuk memastikan transaksi keuangan yang aman di pasar kontrak perumahan di Kerajaan.

Al Mufarrej menyoroti bahwa penggunaan platform Ejar secara eksklusif untuk pembayaran sewa mulai Januari dan seterusnya bertujuan untuk meminimalkan keterlibatan pihak ketiga dan meningkatkan keamanan transaksi pasar. Pihak berwenang merencanakan hukuman segera dan tegas, termasuk skorsing langsung bagi pelanggar sesuai peraturan real estate.

Haji Tanpa Antri
Promo

Untuk memastikan keseriusan peraturan tersebut, Al Mufarrej menyatakan, “Setiap kecurigaan kriminal atau pelanggaran peraturan akan dirujuk ke badan keamanan untuk tindakan yang diperlukan.”

Percayakan Kepada Platform Ejar dan Transformasi Digital

Sekitar 8 juta kontrak penyewaan perumahan telah didaftarkan melalui platform Ejar, yang menunjukkan kepercayaan para pemangku kepentingan real estate terhadap keandalannya. Al Mufarrej memuji ketahanan platform, menegaskan stabilitasnya dan tidak adanya gangguan teknis.

Evolusi Digital Arab Saudi

Arab Saudi, dengan populasi sekitar 32,2 juta jiwa, semakin menerapkan digitalisasi, terutama dipercepat saat terjadi pembatasan global akibat COVID-19. Di antaranya termasuk pengenalan aplikasi Absher pada tahun 2013 dan perluasan layanan berikutnya, memberikan akses kepada warga dan ekspatriat ke berbagai fungsi pemerintahan.

Selain itu, Kementerian Kehakiman memperkenalkan 11 layanan elektronik baru ke dalam platform Najiz, sehingga total layanan yang tersedia meningkat menjadi lebih dari 150. Inisiatif digital ini mencerminkan komitmen negara untuk memanfaatkan lebih banyak teknologi demi tata kelola yang efisien dan aksesibilitas layanan.

Berikut daftar sektor pemerintah Arab Saudi yang menawarkan aplikasi yang dapat digunakan warga dan ekspatriat di Saudi: KLIK DI SINI.[]

Sumber: saudimoments DLL.