Umrah Ramadan oleh: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop
promo: Haji Tanpa Antri Bilboard Dekstop

Lebih Melindungi Hak: Aturan Terbaru GACA Untuk Penumpang Pesawat di Arab Saudi

Lebih Melindungi Hak: Aturan Terbaru GACA Untuk Penumpang Pesawat di Arab Saudi

Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi mengumumkan berlakunya ketentuan peraturan baru untuk melindungi hak-hak penumpang, peraturan yang ketentuannya akan berlaku bagi jutaan pengunjung, yang mencakup hak dan kewajiban mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi udara dan pengalaman perjalanan ke dan dari bandara Kerajaan dan di dalamnya.

Sesuai aturan, peraturan tersebut mulai berlaku 90 hari setelah tanggal penerbitannya, yaitu tanggal 20 November 2023. Bersamaan dengan berlakunya peraturan tersebut, GACA meluncurkan kampanye kesadaran bertajuk “Traveler First.”

Kampanye ini untuk mengedukasi para turis tentang hak-hak dan peraturan mereka yang menjamin perlindungan mereka dalam menghadapi tantangan atau hambatan mendadak yang mungkin mereka temui selama penerbangan.

Kuota Haji Dalam Negeri
Promo

Juga untuk membantu memberi tahu mereka tentang cara menghadapi situasi tersebut dan kompensasi yang diberikan kepada mereka.

Dalam kampanyenya, pihak berwenang menekankan prosedur yang harus diikuti oleh para pengunjung yang terkena dampak ketika terjadi penundaan, pembatalan jadwal penerbangan, atau masalah lain, untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan hak penuh mereka.

Prosedur ini juga mengarahkan penumpang untuk menghubungi maskapai penerbangan terlebih dahulu, jika dia tidak menerima tanggapan dalam waktu 7 hari, maka dia harus menyampaikan pengaduannya kepada GACA untuk mengambil tindakan yang diperlukan terhadap maskapai penerbangan tersebut.

Pada tanggal 23 Agustus yang lalu, pihak berwenang di Arab Saudi telah merilis peraturan baru untuk melindungi hak-hak wisatawan, untuk menggantikan peraturan yang berlaku sebelumnya untuk melindungi hak-hak pelanggan.

Wakil Presiden Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi untuk Kualitas dan Pengalaman Wisatawan, Abdulaziz Abdullah Al-Dahmash, mengatakan bahwa mulai kemarin (20/11), para pengunjung ke dan dari Kerajaan menikmati sarana perlindungan yang belum pernah ada sebelumnya.

Dengan berlakunya aturan baru ini, akan mampu menjamin hak-hak mereka untuk menghadapi penerbangan asalah apa pun yang diakibatkan oleh penundaan atau pembatalan penerbangan, dengan menghimbau para pengguna jasa penerbangan mengetahui manfaat dari kampanye “Traveler First” inidengan ketentuan peraturannya dan cara mengklaim hak-hak mereka.

Peraturan baru ini mencakup 30 pasal, yang memastikan bahwa pengunjung ke Arab Saudi menerima perawatan, dukungan, dan kompensasi dalam menghadapi kesulitan apa pun yang mungkin dihadapi penerbangan.

GACA juga mengundang masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan untuk menyampaikan pendapat dan sarannya terhadap rancangan peraturan tersebut, yang telah disediakan Otoritas tersebut melalui platform “Estalaa” dari Pusat Daya Saing Nasional pada bulan Mei lalu.

Hal ini untuk memastikan bahwa peraturan tersebut tepat dan sejalan dengan praktik terbaik internasional, serta dapat menampung keinginan pengguna jasa penerbangan dan memenuhi kebutuhan mereka.

Promo

Penerbitan peraturan ini merupakan upaya GACA untuk menjadikan Arab Saudi sebagai pusat penerbangan global, serta untuk memajukan sektor penerbangan Saudi menjadi yang pertama di kawasan Timur Tengah, dengan mencapai tujuan Strategi Penerbangan Nasional.

Termasuk untuk meningkatkan jumlah penumpang tiga kali lipat hingga mencapai 330 juta penumpang setiap tahunnya dan meningkatkan tingkat konektivitas udara ke lebih dari 250 destinasi pada tahun 2030.[]