Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

KBRI Riyadh Bagikan “Buku Saku Berbisnis di Arab Saudi”

KBRI Riyadh Bagikan “Buku Saku Berbisnis di Arab Saudi”

Sesuai dengan janjinya, KBRI Riyadh bagikan “Buku Saku Berbisnis di Arab Saudi” kepada pemohonnya sejak bulan Juni lalu. Buku tersebut dibagikan melalui email sejak pagi Jum’at (14/7).

Buku saku ini dimulai dengan Kata Pengantar Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad.

Dubes menulis: “Di tengah ketidakpastian ekonomi global, Pasar Arab saudi masih mempunyai peluang sangat menjanjikan mengingat Indonesia mempunyai kempuan ekspor yang besar sedangkan nilai transaksi ekspor masih kecil.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Melalui Saudi Vision 2030, Arab saudi mentargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung adalah sebesar 40 (empat) puluh juta dari seluruh dunia, ini berarti peluang Indonesia sangat besar terlebih purchase power masyarakat Arab Saudi sangat besar.”

Kelimat pembuka tersebut mengisyaratkan optimisme pasar yang menjanjikan di Arab Saudi bagi pengusaha Indonesia. Yang selalu menjadi pertanyaan klasik bagi pembisnis pemula adalah, bagaimana aturan yang mengatur bisnis di Arab Saudi? Apa saja persyaratan dan ketentuannya? Maka di halaman selanjutnya buku ini berusaha menjawabnya.

Pembaca di awal pembahasan buku ini, disuguhi dengan pendahuluan keadaan geografis Arab Saudi, mata pencaharian warganya, sumber daya manusia dan perekonomian Arab Saudi. Meskipun cukup ringkas, tetapi yang disampaikan dalam buku ini cukup informatif.

Pada bab kedua, diulas Program Transformasi Arab Saudi: “Fokus penting dari Saudi Vision 2030 ini adalah memperbaiki kualitas sumber daya manusia Arab Saudi, dan melakukan perubahan dalam struktur ekonomi Arab Saudi.”

Untuk memudahkan pembacanya, tim penyusun buku ini memberikan informasi berbentuk tabel target ekonomi dalam Saudi Vision 2030 dan National Transformation Programme di setiap bidangnya; perdagangan, fiskal, tenaga kerja, pariwisata, kesehatan, investasi dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan, sajian pasar lapangan kerja di Arab Saudi juga dipaparkan menambah kaya data dan informasi, yang bukan saja penting untuk pembisnis saja, tetapi bisa dimanfaatkan bagi pencari kerja.

Di halaman-halaman berikutnya pembaca bisa mencari lebih banyak tentang pasar, regulasi dan prosedur usaha di Arab Saudi, ditambah juga informasi investasi asing, sistem perbankan dan etika bisnis di Arab Saudi. Semuanya dirangkum dalam 7 (tujuh) bab setebal 105 halaman.

Buku saku ini diterbitkan untuk kedua kalinya oleh Tim Ekonomi dan Perdagangan KBRI Riyadh pada tahun ini, setelah edisi pertama dicetak pada Januari 2020 oleh ITPC Jeddah.

Bagi Anda calon pembisnis atau pembisnis yang akan mengembangkan usaha dan ekspansi ke Arab Saudi, bahkan pencari kerja sekalipun, buku ini menjadi sangat perlu dan penting dimiliki.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Jika Anda belum sempat mengajukan permohonan mendapatkan kirim buku dalam bentuk PDF dari KBRI Riyadh, silahkan WA Atase Perdagangan KBRI Riyadh +966 50 842 7209.[]