Melalui akun resmi X Kementerian Perdagangan Arab Saudi mengunggah peraturan baru untuk perlindungan konsumen. Juru Bicara Kementerian Perdagangan pada tanggal 16 Januari 2025, telah menetapkan peraturan baru yang memberikan perlindungan kepada konsumen dalam mendapatkan mobil pengganti selama kendaraan mereka menjalani perawatan di wakalah (agen resmi).
Mobil pengganti sementara bagi konsumen ini berlaku dalam tiga situasi:
- Jika mobil masih dalam masa garansi;
- Jika agen resmi tidak dapat menyediakan suku cadang yang dibutuhkan dalam waktu lebih dari 14 hari; dan
- Jika agen tidak mematuhi jadwal perawatan yang telah disepakati.
Konsumen yang memenuhi salah satu kondisi tersebut juga dapat menerima kompensasi dalam bentuk uang jika mobil pengganti tidak tersedia. Perhitungannya adalah harga beli mobil dibagi 400, lalu dikalikan dengan jumlah hari keterlambatan.
Dengan peraturan ini, semua orang memiliki hak untuk menuntut kendaraan pengganti atau kompensasi finansial selama periode perawatan.
Untuk memastikan hak-hak ini terpenuhi, konsumen disarankan untuk memahami isi dokumen garansi dan perjanjian layanan yang disediakan oleh agen penjual.
Konsumen juga dapat melaporkan pelanggaran ke Kementerian Perdagangan Arab Saudi melalui aplikasi “Laporan Komersial,” pusat pengaduan di nomor 1900, atau situs resmi kementerian.
Kebijakan ini bertujuan melindungi konsumen dan memberikan kenyamanan bagi mereka, termasuk para ekspatriat, dalam menggunakan kendaraan tanpa hambatan selama masa perawatan.[abdurrahman]