Arab Saudi Perkenalan Sistem Baru Pendaftaran Haji Domestik Tahun 1444 H

Arab Saudi Perkenalan Sistem Baru Pendaftaran Haji Domestik Tahun 1444 H

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tengah menyiapkan membuka pendaftaran jemaah haji bagi warga yang tinggal di dalam negeri Saudi (domestik) sejak bulan Safar (September).

Program ini akan menjadi yang pertama kalinya pendaftaran haji dibuka lebih awal oleh Kementerian Haji dan Umrah.

Sebagaimana yang dilaporkan Okaz, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengadakan pertemuan dengan Dewan Koordinasi Jemaah Haji Domestik dan perwakilan dari platform Solusi Bisnis pada hari Kamis (18/8) lalu.

Di antarnya untuk membahas mekanisme pendaftaran jemaah haji domestik sebagai bagian dari persiapan awal untuk musim haji mendatang.

Hal baru yang akan ditawarkan kepada jamaah haji domestik adalah rencana untuk memperkenalkan segmen keempat dengan program “Ekonomi 2,” yang akan menggunakan perumahan di luar Mina.

infohajian.org

Sistem yang baru juga tidak lagi ada pengundian secara elektronik bagi calon jamaah haji. Setiap pendaftar yang akan berhaji dapat mendaftar secara langsung, dengan 25% kursi disediakan untuk jamaah berusia di atas 65 tahun.

Mekanisme baru mengharuskan pembayaran biaya yang ditentukan sebelum 30 Jumada Al-Awwal 1444 (24 Desember 2022) dalam dua kali angsuran.

Angsuran harus dilunasi dalam waktu 72 jam setelah pendaftaran, dan angsuran kedua dapat dibayarkan hingga tanggal 30 Jum’at Awal 1444.

Calon jemaah haji setelah tanggal tersebut harus melakukan seluruh pembayaran dalam waktu 72 jam setelah pendaftaran.[]

Sumber: Okaz, SG