Saudi Luncurkan Program Astronot: Penerbangan Membawa Astronot Wanita Saudi Pertama Tahun 2023

Saudi Luncurkan Program Astronot: Penerbangan Membawa Astronot Wanita Saudi Pertama Tahun 2023

Otoritas Luar Angkasa Saudi meluncurkan hari Kamis (22/9) ini, program Kerajaan untuk astronot, yang bertujuan untuk mencetak kader Saudi yang berpengalaman dalam penerbangan luar angkasa jangka panjang dan pendek.

Program ini sebagai salah satu cara berpartisipasi dalam eksperimen ilmiah, penelitian internasional, dan misi terkait ruang angkasa di masa depan.

Program ini memanfaatkan peluang yang ditawarkan pada sektor ruang angkasa dan industrinya secara global. Selain untuk berkontribusi pada penelitian yang melayani umat manusia di sejumlah bidang, terutama kesehatan, sustainable, dan teknologi ruang angkasa.

Program Kerajaan untuk astronot, sebagai paket terintegrasi di bawah payung Visi 2030, termasuk mengirim astronot Saudi ke luar angkasa dalam misi untuk melayani kemanusiaan.

Menurut rencana, penerbangan pertama akan diluncurkan pada 2023, termasuk membawa wanita Saudi pertama dan kru astronot, sekaligus menandai peristiwa sejarah penting bagi Arab Saudi dengan mengirimkan wanita Saudi pertama ke luar angkasa.

infohajian.org

Penerbangan luar angkasa berawak merupakan ukuran keunggulan dalam daya saing global negara-negara di banyak bidang, seperti kemajuan teknologi dan teknik, penelitian ilmiah dan inovasi.

Arab Saudi telah berencana meluncurkan Strategi Luar Angkasa Nasional dalam beberapa bulan mendatang, yang akan mempresentasikan secara terperinci dari semua program luar angkasa Saudi dan tujuannya berkontribusi untuk melayani kemanusiaan.[]

Sumber: SPA