Pusat Kesehatan Mental Saudi: Kecanduan Media Sosial SetaraDengan Kecanduan Kokain

Pusat Kesehatan Mental Saudi: Kecanduan Media Sosial SetaraDengan Kecanduan Kokain

Hari Selasa (27/12) kemarin, Pusat Kesehatan Mental Nasional Arab Saudi memperingatkan terhadap kecanduan situs jejaring sosial, yang dikenal sebagai “kecanduan digital”, yang bahayanya setara dengan kecanduan kokain.

Menurut lembaga mental Saudi tersebut, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sehari-hari saat ini, tetapi minat yang berlebihan terhadapnya dan berinteraksi dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Kecanduan medsos meningkatkan perasaan kesepian, kecemasan dan depresi, secara signifikan menghambat fungsi otak normal dan menyebabkan trauma tidak langsung serta gejala yang mirip dengan gangguan stres pascatrauma.

Pusat Mental Saudi memberikan beberapa tip untuk mencegah kecanduan digital, yaitu seperti meletakkan ponsel di ruangan lain, mencari alternatif sehat untuk menghabiskan waktu luang, menetapkan waktu tertentu untuk memutuskan hubungan dari platform digital, dan mencari bantuan dari keluarga, teman, dan psikiater jika diperlukan.[]

infohajian.org