Perkuat Kerjasama Perdagangan, Kadin Indonesia Gelar Bisnis Forum Antara Indonesia dan Arab Saudi

Perkuat Kerjasama Perdagangan, Kadin Indonesia Gelar Bisnis Forum Antara Indonesia dan Arab Saudi

Kadin Indonesia dengan Federation of Saudi Chamber menggelar kegiatan Business Forum dan Business Matching yang bertempat di Hotel Raffles Jakarta, pada hari Jumat, 23 September 2022.

Dalam pembukaan, Soeryo Putranto selaku Ketua Komite Billateral Arab Saudi dan Multilateral GCC, menyampaikan bahwa kegiatan diikuti oleh 45 perusahaan dari Indonesia dan Arab Saudi, diharapkan dapat meningkatkan transaksi serta hubungan baik antara kedua negara.

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa pejabat negara, di antaranya Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Mr. Essam Abid Al Thagafi, Eng. Thareq Al Haidari Wakil Ketua Federasi Kadin Saudi, Juan Permata Adoe Wakil Ketua Kadin Indonesia.

Termasuk remarks dari Dr. Majid Bin Abdallah Al Kassabi Menteri Perdagangan Arab Saudi dan turut berpartisipasi dalam acara ini dari ITPC Jeddah, Fungsi Ekonomi KBRI Riyadh dan Fungsi Ekonomi KJRI Jeddah.

Acara secara resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan yang diwakili oleh Didi Sumedi selaku Dirjen PEN. Dalam pembukaannya, Didi menyatakan sampai bulan Juli 2022 total perdagangan telah mencapai 4.5 milyar dollar, atau mengalami kenaikan 60 persen dibandingkan tahun lalu.

iklan google

Komitmen untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara berangkat dari meningkatkan ekspor ke Arab Saudi melalui jamaah haji dan umrah dari Indonesia. Saat melaksanakan Ibadah di tanah suci, Jemaah asal Indonesia membutuhkan produk halal dari Indonesia.

Pada kesempatan ini Dirjen PEN mengundang delegasi Saudi untuk menghadiri TEI ke 37 dan berharap delegasi Saudi dapat melihat peluang bisnis saat gelaran TEI nanti.

Business matching antara 45 Delegasi Saudi dengan Pengusaha Indonesia di bawah naungan Kadin Indonesia. Di antaranya di bidang haji umrah dan travel, makanan minuman dan agriculture, real estate trading and industrial services, healthcare, legal, and human resources sector, energy, mining and IT sector.[]

Sumber: ITPC Jeddah