Umrah Ramadan oleh: Tour Saudi Bilboard Dekstop
promo: Tour Saudi Bilboard Dekstop

Arab Saudi Peringkat Pertama Sediakan Layanan Digital di Timur Tengah dan Afrika Utara

Arab Saudi Peringkat Pertama Sediakan Layanan Digital di Timur Tengah dan Afrika Utara

Kerajaan Arab Saudi menduduki peringkat pertama di bidang ketersediaan dan pengembangan layanan digital dalam indeks kematangan layanan pemerintah secara elektronik dan seluler yang dikeluarkan oleh Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia Barat (ESCWA) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Indeks tersebut mengukur kematangan layanan pemerintah yang disediakan melalui portal elektronik dan aplikasi pintar dan berfokus pada 84 layanan pemerintah yang diperlukan, baik untuk individu atau bisnis di berbagai sektor.

Yang terpenting adalah di bidang pendidikan, peradilan, keuangan, bisnis, pariwisata, kesehatan, interior, perumahan, urusan kota, tenaga kerja, sosial dan lingkungan.

Umrah Anti Mainstream
Promo

Gubernur Otoritas Pemerintah Digital, Eng. Ahmed bin Muhammad Al-Suwayan, mengapresiasi dukungan besar kepemimpinan Kerajaan terhadap sistem pemerintahan digital, yang memiliki dampak terbesar pada keunggulan dalam indikator global yang paling penting.

Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan yang diraih sebagai puncak dari integrasi dan kerja sama antar lembaga pemerintah untuk mencapai transformasi digital pemerintah, sebagai salah satu tujuan Visi Kerajaan 2030, dengan menyediakan layanan pemerintah yang maju melalui portal digital dan solusi cerdas.

Indeks tersebut berkaitan dengan layanan e-government, perkembangannya dan perannya dalam meningkatkan kualitas hidup, mencapai keberlanjutan dan mendukung kewirausahaan.

Dari tiga pilar utama, yang pertama berkaitan dengan ketersediaan dan pengembangan layanan. Di pilar ini, Arab Saudi berada di peringkat pertama, dengan tingkat perkembangan 16,7%.

Adapun pilar kedua dalam indeks, berkaitan dengan menggunakan layanan dan tingkat kepuasannya. Arab Saudi di peringkat kedua di pilar ini, sekaligus menjadi negara dengan pencapaian kemajuan tertinggi sebanyak 29,5%.

Pilar ketiga dari indeks terkait dengan jangkauan publik. Pada pilar ini, Arab Saudi berada di peringkat kedua, dengan peningkatan 17,6% dari laporan tahun 2020, membawa Saudi ke posisi kedua dalam indeks dengan peningkatan 22,0%.

Patut dicatat bahwa Kerajaan Arab Saudi menempati peringkat kedua secara global di antara negara-negara G20 dalam Laporan Daya Saing Digital untuk tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Pusat Daya Saing Digital Eropa.

Selain itu, Saudi menduduki puncak kelompok pertama dari negara-negara terkemuka dan inovatif tertinggi di bidang tersebut, yang menyediakan layanan pemerintah dan interaksi dengan warga, menurut laporan GovTech yang dikeluarkan oleh Bank International.[]

Sumber: AlRiyadh

Umrah Anti Mainstream
Promo