Umrah Ramadan oleh: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop
promo: Umrah Ramadan Bilboard Dekstop

5 Pelaku Pembunuhan Khashoggi Divonis Mati

5 Pelaku Pembunuhan Khashoggi Divonis Mati

Lima orang dijatuhi hukuman mati terkait pembunuhan Jamal Khashoggi, sebagaimana yang diumumkan Niyabah al-‘Aamah (Penuntut Umum) Arab Saudi hari Senin (23/12).

Vonis hukuman mati dijatuhkan terhadap lima orang yang secara langsung terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi, kata Jaksa Penuntut Umum dalam sebuah pernyataan.

Meskipun demikian. mereka yang telah divonis bersalah dengan ancaman mati tersebut, masih dapat mengajukan banding atas putusan pengadilan.

Promo

Sebanyak 31 orang diperiksa terkait pembunuhan jurnalis Khashoggi di Ankara tahun lalu. 21 terdakwa di antaranya telah ditahan dan 10 sisanya menjalani interogasi tanpa penahanan.

Kasus yang sempat dikait-kaitkan dengan keterlibatan Putra Mahkota Saudi, MBS, berjalan dalam 9 kali proses pengadilan. Vonis mati terhadap terdakwa baru dikeluarkan pada sidang pengadilan ke-10 di Pengadilan Pidana Riyadh.

Tiga orang lainnya juga dijatuhi hukuman 24 tahun penjara karena dianggap berperan dalam menutupi tindak kejahatan. Sementara Konsul Jenderal Saudi di Istanbul yang bertugas saat kejadian, Mohammed Al-Otaibi beserta dua orang lainnya, dinyatakan tidak bersalah, sebagaimana siaran al-Arabiya.

Berikut siaran pers Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Siaran pers Penuntut Umum Arab Saudi yang disiarkan di kanal al-Arabiya:

Tonton pula jawaban telak Adel Al-Jubeir atas tuduhan ke Arab Saudi selama ini.

Promo